Wednesday, October 4, 2017

Pengertian Metodik dalam Pendidikan Agama Islam

Pengertian Metodik

Metodik juga berasal dari bahasa Yunani yaitu metha yang berarti melalui dan hodos berarti jalan atau cara. Metodik berarti jalan atau cara yang harus dilalui dan ditempuh untuk mencapai sesuatu tujuan tertentu. Atau dengan perkataan lain, Metodik ialah ilmu tentang cara yang harus dilalui dalam proses pembelajaran. Misalnya: metodik membaca, Metodik menghitung, Metodik menulis dan sebagainya.

Pembagian Metodik

Metodik dapat pula dibagi menjadi dua macam yaitu sebagai berikut:


Metodik Umum

Metodik umum membicarakan cara mengajar pada setiap mata pelajaran yang umum misalnya cara mengajar pendidikan Agama Islam, Sejarah, Biologi, Ilmu Pengetahuan Alam dan sebagainya. Di dalam ilmu Metodik Umum juga dibicarakan berbagai metode mengajar yang dapat digunakan oleh pendidik dalam melaksanakan proses pembelajaran.
 

Meodik Khusus

Metodik Khusus membicarakan bagaimana cara menyajikan bahan pelajaran tertentu kepada peserta didik tertentu. Misalnya: Metodik Khusus mengajarkan Pendidikan Agama Islam Kepada siswa SD yang berbeda penyajiannya dengan siswa SMP, SMA dan Mahasiswa di Perguruan Tinggi.

Nah, dapat disimpulkan pengertan Metodik adalah cara yang harus dilalui dan ditempuh oleh guru untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu pada objek didik tertentu.