Friday, November 20, 2015

Manfaat Motivasi dalam Pembelajaran




Dari berbagai definisi yang telah disebutkan, dapat diketahui bahwa motivasi adalah sebagai perspektif yang dimiliki seseorang mengenai dirinya sendiri dan lingkungannya. Dalam lingkungan pendidikan, seorang siswa yang percaya bahwa dirinya memiliki kemampuan yang diperlukan untuk melakukan suatu tugas, akan termotivasi untuk melakukan tugas tersebut. Konsep diri yang positif ini menjadi motor penggerak bagi kemauannya.

MOTIVASI
Maka dalam hal ini motivasi juga dapat dijelaskan sebagai tujuan yang ingin dicapai melalui perilaku tertentu. Dalam konsep ini, siswa akan berusaha mencapai suatu tujuan karena dirangsang oleh manfaat atau keuntungan yang akan diperoleh. Motivasi siswa tercermin melalui ketekunan yang tidak mudah patah untuk mencapai sukses, meskipun dihadang berbagai kesulitan. Dalam pembelajaran biologi motivasi juga ditunjukan melalui intensitas untuk belajar dalam melakukan dan meraih prestasi belajar pendidikan biologi.
Menurut Simamora (2004:510), manfaat motivasi belajar bagi siswa dan guru pada sebuah lembaga pendidikan sebagai berikut:
1.      Menyadarkan kedudukan belajar, proses, dan hasil akhir.
2.      Menginformasikan tentang kekuatan usaha belajar.
3.      Mendongkrak semangat belajar siswa.
4.      Mengarah kegiatan belajar sebagai ilustrasi, setelah ia ketahui bahwa dirinya belum belajar secara serius, terbukti banyak bersenda gurau.

Dapat diketahui bahwa motivasi sangat memberikan manfaat yang sangat besar dalam menyadarkan kegiatan belajar, menginformasikan dan mengarah kegiatan belajar. Hal ini akan dapat membawa dampak positif terhadap pendidikan siswa dalam meraih prestasi belajar.  Motivasi belajar juga penting diketahui oleh seorang guru pendidikan biologi harus mendalami pengetahuan dan pemahaman tentang motivasi belajar pada siswa.
Menurut Simamora (2004:523), selain bermanfaat bagi siswa, motivasi juga bermanfaat bagi guru, yaitu sebagai berikut:
1)      Membangkitkan dan memelihara semangat siswa untuk belajar sampai berhasil.
2)      Motivasi belajar siswa dikelas bermacam-macam, ada yang acuh tak acuh, ada yang tidak memusatkan perhatian, ada yang bermain disamping yang semangat untuk belajar.
3)      Meningkatkan dan menyadarkan guru untuk memilih sesuatu diantara bermacam-macam peran seperti sebagai penasehat, fasilitator, instruktur, teman diskusi, penyemangat, guru pendidik.


Oleh sebab itu, motivasi memiliki manfaat timbal balik kepada guru dan siswa. Motivasi merupakan pendorong semangat bagi guru dan bagi siswa dalam meraih tujuan pendidikan. Jadi motivasi erat sekali hubungannya dengan tujuan yang akan dicapai. Di dalam menentukan tujuan itu dapat disadari atau tidak, akan tetapi untuk mencapai tujuan itu perlu berbuat, sedangkan yang menjadi penyebab berbuat adalah motivasi itu sendiri sebagai daya pengerak atau pendorongnya.
Dalam proses belajar mengajar harus diperhatikan apa yang dapat mendorong siswa agar dapat belajar dengan baik atau padanya mempunyai motivasi untuk berfikir dan memusatkan perhatian, merencanakan dan melaksanakan kegiatan yang berhubungan atau menunjang belajar. Motivasi-motivasi di atas dapat juga ditanamkan kepada diri siswa dengan cara memberikan latihan-latihan atau kebiasaan-kebiasaan yang kadang-kadang juga dipengaruhi oleh lingkungan. Dalam kegiatan belajar mengajar peranan motivasi sangat diperlukan. Motivasi bagi siswa dapat mengembangkan aktifitas dan inisiatif, dapat mengarahkan akan memelihara ketekunan dalam melakukan kegiatan belajar. 



Dari uraian di atas dapat disimpulkan bahwa motivasi yang kuat sangat perlu di dalam belajar, didalam membentuk motivasi yang kuat itu dapat dilakukan dengan adanya latihan-latihan atau kebiasaan-kebiasaan dan pengaruh lingkungan yang memperkuat, jadi latihan atau kebiasaan itu sangat perlu dalam belajar. Ilmu biologi sangat berpengaruh dan berguna bagi kehidupan manusia. Biologi banyak digunakan untuk berbagai bidang kehidupan seperti pertanian, peternakan, perikanan, kedokteran, dan lain sebagainya. Maka oleh sebab itu dalam mencapai hasil belajar yang baik dan prestasi belajar siswa yang dapat diandalkan, maka motivasi adalah memegang peranan penting dalam pembelajaran.