Wednesday, September 27, 2017

Metodologi dan Pendekatan Pembelajaran Fiqh

Metodologi dan Pendekatan Pembelajaran Fiqh
Pengertian Metode Pembelajaran Fiqh
Metode adalah cara yang digunakan untuk menyampaikan materi pelajaran dalam upaya mencapai tujuan kurikulum. Sedang menurut kamus bahasa Indonesia Pembelajaran adalah proses, cara menjadikan orang/ mahluk belajar. Dalam literature ilmu pendidikan, khususnya ilmu pengajaran, dapat ditemukan banyak metode mengajar.  Dari literature barat, dapat diketahui banyak metode mengajar, seperti metode ceramah, Tanya jawab, diskusi, sosiodrama dan bermain peran, pemberian tugas dan resitasi dan lain-lain.

Tugas utama seorang guru adalah membelajarkan siswa. Hal ini dimaksudkan bahwa bila guru bertindak mengajar, maka diharapkan siswa belajar. Dalam kegiatan belajar di sekolah ditemukan beberapa masalah, yang menyebabkan guru harus berusaha keras untuk memecahkannya. Guru menyadari bahwa dalam tugas pembelajaran ternyata ada masalah-masalah belajar yang dialami siswa. Bahkan guru memahaini bahwa kondisi lingkungan siswa juga dapat menjadi sumber timbulnya problema dalam belajar.


Syaiful Bahri Djamarah, menyebutkan bahwa: “Di setiap sekolah dan setiap bidang pelajaran dalam berbagai jenis dan tingkatan pasti memiliki berbagai kendala baik yang muncul dari anak didik maupun dari pihak guru, bahkan jarang ditemui proses pembelajaran yang berjalan mulus tanpa ada rintangan”

Tugas seorang guru adalah memilih berbagai metode yang tepat untuk menciptakan proses belajar-mengajar. Ketepatan penggunaan metode, sangat bergantung kepada tujuan, isi p[roses belajar mengajar, dan kegiatan belajar mengajar. Dalam proses belajar mengajar yang baik, hendaknya mempergunakan jenis metode mengajar secara bergantian atau saling membantu satu sama lain, karena masing-masing metode ada kelemahan dan kelebihannya.

Berikut 5 (lima) metode pembelajaran yang kerap digunakan dalam pembelajaran sebagai berikut :

Metode ceramah
Menurut Zuhairini dkk, metode ceramah adalah suatu metode didalam pendidikan dimana cara menyampaikan pengertian-pengertian materi kepada peserta didik dengan jalan penerangan dan penuturan secara lisan`. Sedang menurut Winarno Suracmad, metode ceramah adalah sebuah bentuk interaksi melalui penerangan dan penuturan lisan oleh seseorang terhadap kelompok pendengar, dalam pelaksanaannya sebuah interaksi dalam penuturannya misalnya penceramah dalam mempergunakan alat Bantu untuk menjelaskan uraiannya.

Tidak ada metode yang jelek atau metode yang baik. Kita bisa mengatakan metode ini efektif, efisien, baik ,buruk itu bergantung dari banyak factor. Yang perlu diperhatikan guru dalam menertapkan metode ialah mengetahui batas-batas kebaikan dan kelemahan metode yang akan digunakannya. Sehingga memungkinkan ia merumuskan kesimpulan mengenai hasil penelitian/ pencapaian tujuan dari putusannya hal itu. Hal ini dapat diketahui dari cirri-ciri atau sifat umum, peranan dan manfaat yang terdapat pada setiap metode.

Metode Diskusi
Metode diskusi adalah suatu cara penyajian/ penyampaian bahan pelajaran dimana guru memberikan kesempatan kepada siswa/ kelompok siswa untuk mengadakan pembicaraan ilmiah guna mengumpulkan pendapat, membuat kesimpulan atau menyusun berbagai alternative pemecahan atas suatu masalah. Forum diskusi bisa diikuti oleh semua siswa didalam kelas, juga dapat dibentuk kelompok kelompk diskusi lebih kecil. Yang perlu diperhatikan adalah hendaknya para siswa dapat berpartisipasi aktif di dalam setiap forum diskusi. Semakin banyak siswa terlibat dan menyumbangkan pikirannya, maka semakin banyak pula yang dapat mereka pelajari.

Metode demonstrasi dan eksperimen
Metode demonstrasi adalah salah satu metode untuk membelajarkan siswa untuk melihat apa yang dikerjakan oleh guru”. Jadi demonstrasi adalah cara mengajar guru dengan menunjukan atau memperlihatkan suatu proses sehingga siswa dapat melihat, mengamati, mendengar, meraba, dan merasakan proses yang dipertunjukkan oleh guru. Metode eksperimen adalah metode pengajaran dimana guru dan murid bersama-sama mengerjakan sesuatu sebagai latihan praktis dari pada yang diketahui.

Metode Tanya jawab
Metode Tanya jawab adalah penyampaian proses pengajaran dengan cara mengajukan pertanyaan-pertanyaan dan siswa memberikan jawaban, atau sebaliknya siswa diberi kesempatan bertanya dan guru yang menjawab pertanyaanya.

Metode pemberian tugas.

Metode pemberian tugas (resitasi) sering disebut metode pekerjaan rumah, adalah metode dimana murid/ siswa diberi tugas khusus diluar jam pelajaran. Sebenarnya penekanan metode ini terletak pada jam pelajaran berlangsung, dimana siswa disuruh untuk mencari informasi atau fakta berupa data yang dapat ditemukan di laboratorium, perpustakaan, pusat sumber belajar dan lain-lain.