Friday, September 29, 2017

Pengertian dan Fungsi Akhlak dalam Pendidikan Islam



Mengenal pengertian dan Fungsi Akhlak dalam pendidikan

Akhlak merupakan suatu pelajaran yang wajib dipelajari baik di lembaga  pendidikan formal maupun informal. Nabi Muhammad SAW diutus oleh Allah SWT ke dunia ini hanya untuk memperbaiki Akhlak manusia sesuai dengan ajaran Allah swt. Namun, apa pengertian Akhlak dan fungsi akhlak dalam pendidikan agama Islam?

Apa pengertian Akhlak ?

Perkataan akhlak dalam bahasa Indonasia berasal dari bahasa Arab, yaitu akhlaq, bentuk jamak dari khuluq al-khluq, yang secara etimologis, berarti : Budi pekerti, perangai, tingkah laku dan atau tabi'at. Dalam kepustakaan akhlak diartikan juga sikap yang melahirkan perbuatan (perilaku, tingkah laku) mungkin baik, mungkin buruk.

Akhlak juga merupakan salah satu aspek atau ruang lingkup pengajaran Pendidikan Agama pada pelajaran akidah akhlak, yang membicarakan tentang nilai-niali moral yang perlu ditanamkan kedalam jiwa setiap pribadi agar dapat memberi dorongan kepada mereka untuk berprilaku yang baik serta berakhlak yang mulia (akhlakul karimah).




Oleh karena itu Pendidikan akhlak adalah salah satu bahan Pendidikan Agama yang harus diajarkan kepada setiap peserta didik, baik di sekolah, rumah tangga, maupun dalam masyarakat. Sehubungan dengan masalah akhlak ini, Rachmat Djatmika mengungkapkan:

Kehidupan akhlak dalam kehidupan manusia menempati tempat yang penting sekali baik sebagai individu maupun sebagai anggota masyarakat dan bangsa. Sebab jatuh bangunnya, jaya hidupnya, sejahtra, rusaknya suatu bangsa dan masyarakat tergantung pada bagaimana akhlaknya. Apabila akhlaknya baik maka akan sejahteralah lahir batinnya, tetapi apabila akhlaknya rusak maka rusak pulalah lahir dan batinnya.
  
Berdasarkan uraian di atas, dapat dipahami bahwa betapa pentingnya akhlak dalam kehidupan manusia baik sebagai anggota masyarakat maupun sebagai Warga Negara, karena maju mundumya masyarakat atau Bangsa tersebut sangat tergantung pada keadaan akhlaknya. Bila akhlak mereka baik maka akan baik pula kehidupannya, begitu juga sebaliknya bila akhlaknya rusak maka rusak pula kehidupannya, baik didunia maupun di akhirat.

Apa Fungsi Akhlak?



Fungsi adalah sebagai peranan yang sangat penting dalam proses Pendidikan, baik Pendidikan akhlak maupun Pendidikan umum, karena akhlak menjadi perhatian dari setiap orang, baik dalam masyarakat yang masih terbelakang maupun masyarakat yang telah maju. Dalam lingkungan sosial, akhlak yang baik sangat penting dimiliki oleh setiap individu, karena akhlak merupakan sumber kepercayaan atas diri seseorang. Bahkan akhlak turut berperan dalam menentukan kehormatan suatu bangsa. Hal ini seperti yang digambarkan oleh seorang pujangga Islam yang bernama Shauqi Beyk : Sesungguhnya suatu bangsa tergantung pada moralnya, bila moralnya rusak, maka rusaklah bangsa itu.


Penulis berasumsi bahwa akhlak merupakan suatu dasar untuk tegaknya suatu bangsa karena akhlak dari suatu bangsa sangat menentukan sikap hidup dan tingkah laku perbuatanya. Intelektual suatu bangsa tidak besar pengaruhnya dalam hal tegak dan runtuhnya suatu bangsa. Sesungguhnya akhlak jualah yang menentukan maju maundurnya suatu bangsa.