Thursday, October 5, 2017

PENGERTIAN METODIK DIDAKTIK DAN METODE PENDIDIKAN


PENGERTIAN DIDAKTIK

Sebelum membicarakan pengertian Metodologi Pendidikan Agama Islam terlebih dahulu perlu dibicarakan pengertian Didaktik, Metodik, dan Metodologi.

Istilah Didaktik berasal dari bahasa Yunani yaitu: Didaktikas yang berarti pandai mengajar atau didascein yang berarti mengajar. Dari kata didascein distilahkan didaktike techne yang berarti teknik mengajar. Dengan demikian yang dimaksud dengan didaktik adalah ilmu yang membicarakan atau memberikan prinsip tentang cara-cara menyampaikan bahan pelajaran, sehingga dikuasai dan dimiliki oleh peserta didik. Dengan perkataan lain; ilmu tentang mengajar dan belajar, tegasnya, suatu ilmu tentang pendidik mengajar dan peserta didik belajar. Jadi dalam didaktik terkandung dua kegiatan penting yaitu “mengajar” dan” belajar”.

Didaktik pada umumnya dibedakan menjadi dua macam yaitu sebagai berikut:

1.       Didaktik Umum

Didaktik Umum memberikan prinsip-prinsip umum yang berhubungan dengan penyajian bahan pelajaran yakni motivasi, peragaan-peragaan, minat dan lain-lain agar anak menguasainya. Prinsip-prinsip ini berlaku bagi semua mata pelajaran, apakah biologi, Pendidikan Agama Islam, Psikologi, Geografi dan pelajaran-pelajaran lainnya. Jadi Didaktik umum ialah ilmu yang membicarakan bagaimana proses pembelajaran pada umumnya yang berlaku untuk setiap mata pelajaran dan bahan pengajaran.
Didaktik umum ini sering disebut juga dengan “Ilmu Pengajaran Umum” atau “Ilmu Mengajar Secara Umum”

2.       Didaktik Khusus


Didaktis Khusus membicarakan tentang cara mengajar bidang Studi tertentu dimana prinsip Didaktik Umum digunakan. Didaktis Khusus perlu sebab setiap bidang studi mempunyai ciri-ciri khas yang berjalan dengan bidang studi lainnya. Didaktis khusus ini sering disebut juga dengan Metodik.