PERANGKAP SYETAN PADA MANUSIA

    HEFA MANDIRI
    Syetan mampu menggoda dan mengalahkan manusia dengan tanpa mengenal lelah dalam menggoda manusia. salah satu pintu syetan adalah banyak makan. Makanan merupakan kebutuhan hidup manusia yang dilakukan oleh mayoritas dan secara keseluruhan umat manusia. Akan tetapi makanan yang dibolehkan dalam agama akan memberikan efek yang baik bagi tatanan kehidupan kita. Kenyang dari makanan meskipun makanan tersebut halal, bersih dan tidak ada syubhat akan menguatkan syahwat. syahwat adalah senjata kimia syetan untuk mengalahkan manusia. mengenyangkan diri kita dengan makanan akan memberi kemampuan bagi syetan untuk menggiring manusia ke dalam kebinasaan. kenyang akan memudahkan bagi syetan untuk mengalahkan manusia dengan godaannya.




    Suatu hari Nabi Zakaria as melihat syetan yang pada lehernya tergantung berbagai macam jeratan. Melihat hal itu semua, kemudian Nabi Zakaria as bertanya kepada Syetan yang ada di depannya "Apa yang tergantung pada lehermu wahai syetan". 

    Sesaat kemudian Syetan pun menjawab "inilah syahwat-syahwat yang aku gunakan untuk menggiring manusia kepada keburukan". 

    Kemudian Nabi Zakaria bertanya lagi kepada Syetan "adakah jeratan itu untuk menjeratku".

    Syetan menjawab "Apabila kamu kenyang maka akan aku jerat kamu".

    Mendengar jawaban syetan, Nabi Zakaria bersumpah seraya berkata "Demi Alllah tidak akan aku penuhi (kenyang) perutku daripada makanan". 

    Dan Syetan pun bersumpah "demi Allah tidak akan kunasehati segala anak Adam dan akan kuhancurkan semua anak adam dengan godaanku sehingga manusia masuk neraka".

    Dari cerita tersebut dapat kita petik suatu nasehat bahwa banyak makan akan menjadi peluang bagi syetan untuk menggoda manusia atau dengan kata lain akan lebih mudah bagi syetan dalam menyerang manusia. Setan tidak akan pernah berbuat baik kepada manusia. Syetan akan terus menggoda manusia sampai hari kiamat. 


    Banyak makan akan dapat mengakibat 6 hal yang buruk:

    1.  Hilang rasa takut kepada allah pada hatinya
    2.  Hilang kasih sayang kepada manusia lain
    3.  Keberatan dalam berbuat taat
    4.  Tidak akan menerima kalam hikmah
    5.  Pengajaran yang tidak berkah
    6.  Bangkit dan timbul berbagai macam penyakit

    Oleh karena itu persoalan syetan merupakan persoalan yang harus kita ketahui dan kita pelajari sedetail mungkin agar kita tidak terjerat dalam perangkap syetan, kenyang merupakan peluang syetan untuk mengalahkan manusia.

    nauuzubillaahi min zalik

    Popular posts from this blog

    Macam-Macam Amtsal dan Contohnya

    Langkah-Langkah Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran

    FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TANAMAN SAWI