EPISTIMOLOGI


Epistemologi berasal dari kata bahasa yunani episteme yang berarti pengetahuan atau kebenaran dan logos yang berarti kata, pikiran, ilmu atau teori. Karena itu secara etimologis, epistemologi berarti ilmu atau teori tentang pengetahuan yang benar atau teori pengetahuan.

Epistemologi pada dasarnya adalah cara bagaimana pengetahuan disusun dari bahan yang diperoleh dan dalam prosesnya menggunakan metode ilmiah, yaitu suatu kegiatan berdasarkan perencanaan yang matang dan mapan, sistemik dan logis. Dalam rumusan lain, epistemology adalah cabang filsafat yang mempelajari watak, batas dan berlakunya ilmu pengetahuan.

Epistemologi merupakan “Teori ilmu pengetahuan (science) yang melakukan investigasi mengenai asal-usul, dasar, metode, dan batas-batas ilmu pengetahuan Mengapa sesuatu disebut ilmu? Apa saja lintas batas ilmu pengetahuan? Dan, bagaimana prosedur untuk memperoleh pengetahuan yang bersifat ilmiah?

Pertanyaan-pertanyaan itu agaknya yang dapat dijawab dari pengertian epistemologi yang sudah disebutkan. Tertarik pada cara, proses, dan prosedur ilmiah di samping membahas tentang Tuhan, manusia dan alam* yang tak terpisahkan serta pertanyaan-pertanyaan di seputar segala sesuatu yang ada, tentang hidup dan eksistensi manusia itu sendiri.

Popular posts from this blog

Macam-Macam Amtsal dan Contohnya

Langkah-Langkah Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TANAMAN SAWI