Wednesday, November 18, 2015

YUK!!!! KITA MENGARTIKAN BELAJAR



Untuk memahami tentang pengertian belajar maka akan diawali dengan mengemukakan beberapa definisi tentang belajar. Ada beberapa pendapat para ahli tentang detinisi tentang belajar.
Menurut W. S. Winkel (dalam Max Darsono, 2000:4) mengemukakan bahwa "belajar adalah suatu aktivitas mental psikis yang berlangsung dalam interaksi aktif dengan lingkungan, yang menghasilkan perubahan dalam pengetahuan, pemahaman, keterampilan dan nilai sikap". Belajar merupakan suatu usaha dalam menghasilkan suatu perubahan mental manusia.
Menurut Slameto (2003:2), "belajar ialah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai hasil pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya". Belajar merupakan suatu usaha yang berasal dari berbagai macam pengalaman yang lahir dari hasil interaksi antara lingkungan sekitar.
Menurut Mc. Beach (dalam Lih Bugelski, 1956:56), "belajar merupakan pembawa perubahan dalam performance, dan pembahan itu sebagai akibat dan
latihan". Belajar merupakan suatu usaha perubahan yang lahir dari pelatihan.
Menurut Morgan, dkk (1984:69), mengatakan bahwa "belajar merupakan perubahan perilaku itu sebagai akibat belajar karena latihan (practice) atau karena pengalaman (experience)". Menurutnya belajar merupakan hasil pelatihan dan perjalanan pengalaman yang tertuang dalam perubahan tingkah laku seseorang.
 Menurut Hilgarde dan Bower (1975:54) mengemukakan bahwa:
Belajar berhubungan dengan perubahan tingkah laku seseorang terhadap sesuatu situasi tertentu yang disebabkan oleh pengalamannya yang berulang-ulang dalam situasi itu, dimana perubaban tingkah laku tidak dapat dijelaskan atau dasar kecenderungan respons pembawaan, pematangan atau keadaan-keadaan sesaat seseorang (misalnya kelelahan, pengarub obat, dan sebagainya).

Dari beberapa pengertian di atas dapat kita katakan bahwa yang dimaksud belajar dalam penelitian ini yaitu suatu proses yang menghasilkan suatu perubahan watak dan mental seseorang dari tingkah laku yang kurang baik menjadi lebih baik.

Sudah mengerti kan?????