Wednesday, November 18, 2015

Pengertian Pertumbuhan dan Perkembangan Tanaman


Pengertian pertumbuhan pada tanaman adalah "pertambahan ukuran baik berupa massa ataupun panjang secara kuantitatif yang dihasilkan dari pertambahan jumlah sel dan bersifat irreversible (tidak dapat kembali) yang terjadi pada tanaman" (Nazaruddin, 1994:25). Pertumbuhan merupakan proses pertambahan ukuran atau volume serta jumlah sel secara irreversible (tidak dapat kembali ke bentuk semula). Pertumbuhan pada tumbuhan bersifat kuantitatif artinya dapat dinyatakan dengan satuan bilangan.
Menurut Nazaruddin (1994:125) pertumbuhan pada tumbuhan dibedakan menjadi 3 (tiga) bagian:
1)      Pertumbuhan Primer, merupakan proses aktivitas sel-sel meristem yang menyebabkan batang dan akar tumbuh memanjang.
2)      Pertumbuhan Sekunder, merupakan aktivitas cambium (titik tumbuh sekunder ) yang membentuk xylem dan floem sekunder.
3)      Pertumbuhan Terminal, terjadi pada ujung akar dan ujung batang.
Pengertian perkembangan menurut Nazaruddin (1994:26) adalah "proses menuju kedewasaaan secara kualitatif terhadap pengembangan sel tumbuhan". Jadi pengertian perkembangan merupakan berubahnya sifat sel menjadi sel yang mempunyai sifat yang lebih khusus, yang dipengaruhi oleh perubahan kimiawi dalam sel atau tumbuhan tersebut. Perkembangan merupakan perubahan yang terjadi pada tanaman.
Perkembangan pada tanaman mencakup diferensiasi sel dan ditunjukkan oleh perubahan yang lebih tinggi menyangkut spesialisasi anatomi dan fisiologi. Perkembangan dari tanaman bersel banyak, terlaksana dengan proses mitosis, sel-sel tertentu berperan dalam mengatur diferensiasi, pengaturan ini berlangsung dengan media utusan kimia yang ditunjukkan oleh pengatur tumbuhan (Rahardi, 1993:12).
"Pengatur pertumbuhan adalah zat organic yang keaktifannya jauh berlipat seperti hormon yang dikenal seperti auksin, giberelin dan citokinin" (Rihardi, 1993:25). Perpanjangan sel pada tumbuhan secara langsung dipengaruhi oleh konsentrasi auksis dan fototropisme (Rismunandar: 1967:54).