KONSEP PENGETAHUAN PENYAKIT KUSTA
Pengetahuan merupakan hasil tahu dan ini terjadi setalah seseorang melakukan pengindra terhadap suatu objek tertentu.Terjadi melalui pancaindra manusia,yakni indra penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan raba. Sebagian besar pengetahuan manusia diperoleh mata dan teliga.Pengetahuan kognitif domain sangat penting dalam membentuk tindakan seseorang (over behafior) (Notoadmodjo ,2003).
Tingkatan pengetahuan
yang mencakup dalam domain kognitif mempunyai 6 (enam) tingkatan yaitu:
1.
Tahu
(know)
Tahu diartikan sebagai mengingat suatu materi
yang telah dipelajari sebelumnya.Termasuk kedalam
pengetahuan tingkat ini adalah mengigat kembali (recall) suatu yang specifik dari seluruh bahan yang
dipelajari atau rangsangan yang telah diterima, oleh karena itu tahu ini merupakan
tingkat pengetahuan yang paling rendah (Notoatmodjo, 2003).
2.
Memahami (comprehension)
Memahami diartikan sebagai suatu kemampuan untuk
menjelaskn secara benar tentang objek yang diketahui dan dapat
menginterprestasikan materi tersebut secara benar.Orang yang sudah faham
terhadap suatu objek atau materi harus dapat menjelaskan,memberi
contoh, menyimpulkan, meramalkan, dan sebagainya terhadap
objek yang di pelajari (Notoatmodjo, 2003)
3.
Aplikasi
(application)
Aplikasi diartikan sebagai kemampuan untuk
menggunakn materi yang telah dipelajari pada situasi ataukondisi yang sebenarnya. Aplikasi
disini dapat diartikan sebagai aplikasi atau penggunaan hukum-hukum, rumus metode, prisip dan sebagainya. Dalam
konteks atau situasi yang lain (Notoadmodjo, 2003)
4.
Analisis
(analysis)
Analisis adalah kemampuan untuk menjabarkan
materi atau suatu objek dalam komponen-komponen,tetapi masih di dalam suatu
sruktur organisasi dan kaitannya satu sama lain
(Notoadmodjo, 2003)
5.
Sintesis (synthesis)
Sintesis adalah suatu kemampuan untuk menyusun
formulasi baru dari formulasi-formulasi yang ada .Sintesis menunjukkan
kepada suatu kemampuan untuk meletakkan atau menghubungkan bagian-bagian
didalam suatu bentuk keseluruhan yang baru
(Notoadmodjo, 2003)
6.
Evaluasi
(Evaluantion )
Evaluasi merupakan kemampuan untuk melakukan penelitian terhadap suatu materi atau objek
(Notoatmodjo, 2003).
Menurut Notoadmodjo (2003), yang mengatakan bahwa
pengetahuan seseorang atau masyarakat di pengaruhi oleh faktor internal dan faktor external
yang terdiri :
1. Faktor Internal yaitu :
a.
Umur
Umur adalah ibu sejak lahir sampai saat ini atau pada saat
ulang tahun terakhir (datastatistikindonesia.com).
Umur mempunyai kaitan erat dengan tingkat
kedewasaan seseorang yang berarti kedewasaan teknis dalam arti keterampilan
melaksanaan tugas maupun kedewasaan psikologis. dikaitkan dengan tingkat
kedewasaan teknis, anggapan yang berprilaku ialah bahwa makin lama seseorang
bekerja, kedewasaan teknisnya pun mestinya meningkat.pengalaman seseorang
melaksanakan tugas tertentu secara terus menerus untuk waktu yang lama biasanya
meningkatkan kedewasaan teknisnya ( Health, 2009 )
Umur dikategorikan
dalam 3 kelompok yaitu :
a. Umur < 20 tahun
b. Umur 20-35 tahun
c. Umur <35 tahun
b.
Paritas
Paritas adalah jumlah anak yang telah dilahirkan seseorang
ibu baik lahir hidup maupun mati ( jurnal medikal unhas, 2008 )
c.
Motivasi
Motivasi berasal dari kata laten moreve yang berarti dorangan dari dalam diri manusia untuk
bertindak atau berprilaku. ( Notoatmodjo, 2010).
2. Faktor external yaitu:
a. Pendidikan
Pendidikan adalah proses
pengubahan sikap dan tingkah laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha
mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan, proses, cara, perbuatan pendidikan(depdiknas,
2005).
Pendidikan secara umum
adalah segala upaya yang direncanakan untuk mempengaruhi orang lain, baik
individu, kelompok, atau masyarakat
sehingga mereka melakukan apa yang diharapkan oleh pelaku pendidikan
(Notoatmodjo, 2003).
Dalam batasan ini tersirat unsur-unsur pendidikan,yaitu:
1.
Input
adalah sasaran pendidikan (individu, kelompok, masyarakat) dan pendidikan untuk
(pelaku pendidikan).
2.
Proses
(upaya yang direncanakan untuk mempengaruhi orang lain).
3.
Output
(melakukan apa yang diharapkan atau perilaku).
Menurut undang-undang RI NO.21 tahun 2003 pendidikan adalah
jenjang pendidikan formal yang terdiriii atas pendidikan dasar, pendidikan
menengah,pendidikan tinggi.pendidikan dasar merupakan jenjang pendidikan yang
dilandasi jenjang-jenjang pendidikan
menegah yang berbentuk SD/sederajat serta SLTP/sederajat. Pendidikan menengah merupakan lanjutan pendidikan dasar yang terdiri atas SLTA/sederajat. Pendidikan
tinggi merupakan jenjang pendidikan setelah pendidikan menengah yang mencakup
pendidikan Diploma, sarjana, magister, spesialis dan dokter yang diselenggarakan
oleh perguruan tinggi (tempointeraktif.com).
a.
Sumber
Informasi
Menurut Tugiman, 2005 informasi adalah keterangan
pemberitahuan kabar berita tentang suatu media dan alat (sarana) komunikasi
seperti koran, majalah, radio, poster dan spanduk. Media komunikasi adalah
media yang digunakan pembaca untuk mendapatkan informasi sesesuatu atau hal tentang
pengetahuan. Berkaitan
dengan penyediaan informasi bagi manajemen dalam pengambilan keputusan, informasi yang diperoleh
harus berkualitas, kualitas
informasi tergantung tiga hal yaitu:
1)
Akurat, bebas dari kesalahan, tidak bisa atau
menyesatkan.
2)
Tepat
waktu, informasi
yang disampaikan tidak terlambat.
3)
Relevan, informasi mempunyai
mamfaat bagi pemakainya.
b.
Penyuluhan
Penyuluhan adalah kegiatan
pendidikan yang dilakukan dengan cara menyebarkan pesan,menanamkan keyakinan,
sehingga masyarakat tidak saja sadar, tahu dan mengerti, tetapi juga mau dan
bisa melakukan suatu anjuran yang ada hubungannya dengan kesehatan.( Efendy,
2005)
c. Persepsi
Persepsi adalah pengalaman tentang
objek, peristiwa, atau hubunga-hubungan yang diperoleh dengan menyimpulkan
informasi dan menafsirkan pesan. ( Hernowo, 2009 )
d.
Lingkungan
Lingkungan adalah sebagai semua benda dan kondisi,
termasuk didalamnya manusia dan tingkah perbuatannya, yang terdapat dalam ruang
kondisi manusia berada dan mempenganruhi hidup serta kesejahteraan manusia dan
jasad hidup lainnya ( Muunadjad danusaputro, SH, 2011).