Friday, November 13, 2015

Kekuasaan Allah SWT dan Kehendak-Nya


Manusia Sebagai Makhluk Allah SWT dan Kehendaknya



Manusia adalah makhluk Allah yang senantiasa diciptakan untuk beribadah kepada-Nya. Manusia adalah makhluk Allah yang paling sempurna dalam penciptaannya, jadi manusia diberi akal untuk memilih jalan hidupnya sendiri, Dan dalam hal itu manusia harus bisa  memposisikan dirinya sebagai makhluk ciptaan Tuhan walaupun manusia itu boleh memilih jalan hidupnya sendiri tetapi manusia itu harus berada dalam koridor keimanan kepada allah dan Qadha dan Qadar.


Kehendak  Ilahi meliputi alam semesta keberadaan di antaranya manusia dan perbuatannya. Dan dengan kehendak manusia dihimpunkan secara vertial. Hal ini tidak sekedudukan dengan berhimpunnya dua sebab mandiri atas akibat tunggal dimana hal ini merupakan sesuatu yang mustahil. Kehendak manusia di himpunkan secara vertikal dengan kehendak Ilahi adalah sejalan dengan Tauhid perbuatan, karena satu – satunya pelaku mandiri pada semesta keberadaan adalah Allah Swt. Dan maujud – maujud  lainnya pada keberadaan dan perbuatannya tergantung kepada Allah Swt. Dan kepelakuan dan kehendaknya tidak dapat terpisah dan mandiri dari kehendak Allah Swt.


Persoalan Kekuasaan Allah SWT

Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam makalah ini adalah:

  1. Apakah segala sesuatu berada dalam lingkup Kekuasaan Allah?
  2. Bagaimanakah hubungan kekuasaan Allah dengan kebebasan manusia?
  3. Sejauh mana kebebasan manusia dalam konteks keislaman? 

Tujuan Penulisan Makalah Kekuasaan Allah SWT


Adapun tujuan dari penulisan makalah ini adalah :

  1. Untuk mengetahui lingkup kekuasaan Allah.
  2. Untuk memahami hubungan kekuasaan Allah dengan kebebasan manusia.
  3. Untuk mengetahui sejauhmana kebebasan manusia dalam konteks islam.

Metode Penulisan dalam Makalah Kekuasaan Allah

Dalam Penulisan makalah ini penulis menggunakan metode Deskriptif yaitu suatu penelitian dengan mengumpulkan data-data dan menganalisa serta menarik kesimpulan dari data tersebut dengan mengadakan Library research, yaitu dengan cara menelaah sejumlah buku-buku web untuk memperoleh data-data, teori-teori dan konsep-konsep yang berhubungan dengan makalah ini. Dengan menggunakan metode dan teknik  pengumpulan data tersebut, kiranya dapat mendukung penulisan makalah ini.

Baca Selanjutnya disini...................