Friday, November 20, 2015

Fungsi Pupuk Kompos terhadap Tanaman Sawi Sendok



Adapun fungsi dan kegunaan kompos terhadap tanaman sawi sendok (Brassica Chinensis L) menurut Handayani, Mutia (2009:12) yaitu :
1.      Sebagai penyubur di lahan pertanian atau perkebunan sawi sendok (Brassica Chinensis L).
2.      Dapat memperbaiki struktur tekstur tanah setelah masa panen.
3.      Memberikan kandungan unsur hara yang diperlukan tanaman sawi sendok (Brassica Chinensis L).
4.      Dapat digunakan dalam usaha reklamasi lahan bekas galian tambang, atau penyubur di daerah rawa-rawa, peningkatan kadar pH di daerah lahan asam. Hal ini dapat menyuburkan dan membantu pertumbuhan dan perkembangan sawi sendok (Brassica Chinensis L).

Seperti diketahui di daerah tropik kandungan bahan organik di dalam tanah diperkirakan hanya 1% saja. Di lahan yang di tanami, kandungan organik lahan tersebut semakin lama semakin berkurang karena terjadi biodegradasi secara terus menerus. Untuk mengatasinya paling tidak setahun sekali lahan tersebut perlu diberi tambahan bahan organik seperti kompos.
Aktivitas mikrobiologi dalam tanah terjadi bukan saja oleh jasad renik yang tumbuh dan berkembang dalam kompos tetapi kehadirannya dapat menstimulir jasad renik yang telah ada dalam tanah. Pemberian kompos dapat menstimulir aktivitas amonifikasi, nitrifikasi, fiksasi nitrogen dan fosforilasasi, yang disebabkan oleh kerja berbagai jasad renik dalam tanah.
Oleh karena itu, pupuk kompos sangat berguna dalam penyuburan tanah khususnya di lahan kering, juga dapat mengurangi penggunaan pupuk anorganik bagi para petani yang harganya relatif mahal.