BAB II B : Bahan dan Koleksi Perpustakaan



Pustakawan sebagai pengelola perpustakaan mempunyai tanggung jawab untuk mengelola koleksi yang ada di perpustakaan. Pengelolaan koleksi perpustakaan meliputi tiga kegiatan penting, yaitu sebagai berikut:
1.      Pengadaan Bahan Pustaka
Pengadaan bahan pustaka dapat berasal dari pembelian, hadiah, hibah, tukar menukar maupun dengan cara lainnya. Pustakawan harus memilih koleksi sesuai dengan jenis perpustakaan yang dikelolanya dan berhak memilih bahan pustaka yang akan dimasukkan ke dalam koleksi perpustakaan.
2.      Pengolahan Bahan Pustaka
Pengolahan bahan pustaka yang umum dilakukan adalah proses inventarisasi, katalogisasi dan pemajangan. "Proses inventarisasi adalah proses untuk mencatat koleksi yang dimiliki perpustakaan ke dalam Buku Induk Perpustakaan."[1] "Katalogisasi merupakan proses pembuatan identitas buku agar mudah ditemukan oleh pemakai. Sedangkan pemajangan merupakan kegiatan penataan koleksi di tempat koleksi sesuai dengan jenis bahan pustaka yang dimiliki agar mudah dilihat dan ditemukan oleh pemakai."[2]
3.   Perawatan Bahan Pustaka
Perawatan koleksi perpustakaan dilakukan sesuai dengan kondisi tempat dan jenis bahan pustaka. Misalnya untuk perpustakaan yang berada di daerah tropis dan berdebu, perawatan bahan pustaka harus dilakukan secara rutin dan lebih sering dengan memperhatikan berbagai aspek misalnya kelembaban udara dan jenis bahan pustakanya.
Ketiga kegiatan diatas dilakukan agar pemakai perpustakaan merasa nyaman dalam menemukan informasi yang mereka inginkan. Kenyamanan dan kemudahan pemakai perpustakaan dalam menemukan informasi yang mereka inginkan harus menjadi prioritas utama perpustakaan. Jika pemakai perpustakaan mendapatkan pelayanan yang baik dan mereka merasa puas dengan pelayanan yang diberikan maka dengan sendirinya citra perpustakaan akan terangkat naik.



[1] Sulistyo-Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan,... hal 54

[2] Sulistyo-Basuki, Pengantar Ilmu Perpustakaan,... hal. 55

Popular posts from this blog

Macam-Macam Amtsal dan Contohnya

Langkah-Langkah Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran

FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TANAMAN SAWI