Wednesday, September 27, 2017

Pengertian Asbabun Nuzul

Pengertian Asbabun Nuzul



Pengertian Asbabun Nuzul Asbabun Nuzul, dalam pengertian literal bahasa verbal adalah sebab-sebab turunnya Al-Quran. Secara historis, Al-Quran bukanlah wahyu yang turun dalam ruang hampa, tetapi ia mempunyai latar belakang, argumentasi dan faktor-faktor tertentu yang menjadikan dia “turun” ke bumi. Hal ini karena, Al-Quran “diturunkan” sebagai alat untuk menjawab problematika kehidupan di muka bumi. Ungkapan Asbab An-Nuzul merupakan bentuk idhafah dari kata “asbab” dan nuzul. Secara etimologis, asbabun nuzul ayat itu berarti sebab-sebab yang melatar belakangi terjadinya sesuatu atau dalam hal ini adalah sebab-sebab turun ayat. dalam pengertian sederhana turunnya suatu ayat disebabkan oleh suatu peristiwa, sehingga tanpa adanya peristiwa itu, ayat tersebut itu tidak turun. Banyak pengertian terminologi yang dirumuskan oleh para ulama, diantaranya :


Az Zarqani
Asbab An-Nuzul adalah “khusus atau sesuatu yang terjadi, serta ada hubungannya dengan turunnya Al Qur’an sebagai penjelas hukum pada saat peristiwa itu terjadi.

Ash Shabuni
Asbab An-Nuzul adalah peristiwa atau kejadian yang menyebabkan turunnya satu atau beberapa ayat yang mulia yang berhubungan dengan kejadian tersebut baik berupa pertanyaan yang diajukan kepada nabi atau kejadian yang berkaitan dengan urusan agama.

Subhi Shalih
Asbab An-Nuzul adalah Sesuatu yang dengan sebabnyalah turun sesuatu ayat atau beberapa ayat yang mengandung sebab itu, atau memberi jawaban tentang sebab itu, atau menerangkan hukumnya; pada masa terjadinya peristiwa itu.

Manna’ khalil Al Qathan
Asbab An-Nuzul” adalah Peristiwa yang menyebabkan turunnya Al Qur’an berkenaan dengan waktu peristiwa itu terjadi baik berupa suatu kejadian atau pertanyaan yang diajukan kepada Nabi.

Kendatipun redaksinya pendefinisian diatas berbeda, namun hal itu menyimpulkan bahwa, Asbab An-Nuzul adalah kejadian atau peristiwa yang melatar belakangi turunnya Al -Quran itu sangat beragam. Persoalan apakah semua ayat Al- Quran diturunkan berdasarkan Asbab An-Nuzul, ternyata telah menjadi bahan kontroversi dikalangan para ulama. Sebagian ulama berpendapat bahwa tidak semua ayat Al-Quran diturunkan dengan asbabun nuzul, sehingga diturunkan tanpa ada yang melatar belakanginya (ghairu ibtida) dan ada pula Al-Quran yang diturunkan dengan dilatarbelakangi oleh suatu peristiwa (ibtida). 

SEBAB SEBAB TURUNNYA AL-QURAN